SISTEM PAKAR DIAGNOSA HAMA DAN PENYAKIT PADA TANAMAN PORANG MENGGUNAKAN METODE BACKWARD CHAINING

Ovan Fifat Alviansyah, Muhammad Nur Ikhsanto

Abstract


Tumbuhan porang (Amorphophallus muelleri) merupakan salah satu tanaman penghasil umbi yang dapat diolah dan dikonsumsi yang termasuk dalam genus Amorphophallus. Karena berkerabat dan mirip secara penampilan serta manfaat dengan Suweg dan Walur, Porang sering disamakan dengan kedua tanaman ini. Salah satu penyebab gagalnya budidaya porang adalah serangan hama dan penyakit. Kajian Identifikasi Hama dan Penyakit Umbi Porang dilakukan dengan menggunakan metode Backward Chaining. Sistem yang akan dibangun memiliki dua hak akses yakni user sebagai Admin dan user sebagai petani porang, user sebagai Admin memiliki aksi dimana Admin dapat memasukan data gejala, hama dan penyakit. Sedangkan user sebagai petani porang hanya diberikan akses untuk melakukan diagnosa memilih data pertanyaan dan sistem akan memproses sesuai dengan aturan metode Backward Chaining, selanjutnya sistem akan menampilkan hasil dari pemrosesan gejala berupa data input petani porang.Sistem ini dapat digunakan oleh para petani tanaman porang yang sedang mengalami gejala-gejala hama dan penyakit pada tanaman porang.


Keywords


Sistem Pakar; Tanaman Porang; Hama dan Penyakit; Backward Chaining

Full Text:

PDF

References


G. D. Winarno, I. EFFENDI, F. Fathul, and L. Wibowo, “Porang untuk Masyarakat Lampung,” https//radarlampung. co. id/porang-untuk-masyarakat-lampung/.

E. Septiyani, “PENGARUH KARAKTERISTIK FISIKA DAN KIMIA TANAH TERHADAP PERTUMBUHAN SAWI DI DESA BAHWAY KECAMATAN BALIK BUKIT KABUPATEN LAMPUNG BARAT.” UIN Raden Intan Lampung, 2020.

K. Rofikhoh, R. Setiahadi, I. R. Puspitawati, and M. Lukito, “POTENSI PRODUKSI TANAMAN PORANG (Amorphophallus muelleri Blume) DI KELOMPOK TANI MPSDH WONO LESTARI DESA PADAS KECAMATAN DAGANGAN KABUPATEN MADIUN.,” J. Agri-Tek, vol. 17, no. 2, 2017.

R. M. Ichsan, “EVALUASI KESESUAIAN LAHAN DI KECAMATAN CIJEUNGJING KABUPATEN CIAMIS UNTUK TANAMAN PORANG (Amorphophallus oncophyllus).” Universitas Siliwangi, 2022.

S. J. B. Sembiring, S. Saniman, and A. Azlan, “Sistem Pakar Mendiaknosa Hama Dan Penyakit Tanaman Amorphophallus Muelleri Di Dinas Tanaman Pangan Dan Hortikultura Sumatera Utara Menggunakan Metode Dempster Shafer,” J. Cyber Tech, vol. 3, no. 1, 2020.

S. Muharni and S. Andriyanto, “Sistem Diagnosa Penyakit Jantung Berbasis Case Based Reasoning (CBR),” in Prosiding Seminar Nasional Darmajaya, 2021, vol. 1, pp. 1–11.

E. Ongko, “Perancangan Sistem Pakar Diagnosa Penyakit pada Mata,” J. Times, vol. 2, no. 2, 2013.

P. Hariona, “Sistem Pakar dengan Metode Backward Chaining untuk Optimalisasi Layanan Helpdesk E-Government,” J. Inform. Ekon. Bisnis, pp. 66–71, 2021.

A. S. Honggowibowo, “Sistem pakar diagnosa penyakit tanaman padi berbasis web dengan forward dan backward chaining,” Telkomnika, vol. 7, no. 3, p. 187, 2009.

W. Supartini and H. Hindarto, “Sistem Pakar Berbasis Web Dengan Metode Forward Chaining Dalam Mendiagnosa Dini Penyakit Tuberkulosis Di Jawa Timur,” Kinet. Game Technol. Inf. Syst. Comput. Network, Comput. Electron. Control, pp. 147–154, 2016.

P. Zahiroh and I. Susilawati, “Sistem Pakar Identifikasi Hama Dan Penyakit Pada Umbi Porang Dengan Metode Certainty Factor.”

E. L. Maghfiroh, A. Munif, A. A. Nawangsih, and A. Akhdiya, “Karakterisasi Bakteri Penyebab Busuk Lunak pada Umbi Porang (Amorphophallus muelleri) Menggunakan Primer PCR Spesifik,” J. Ilmu Pertan. Indones., vol. 27, no. 3, pp. 463–472, 2022.

I. Akil, “Analisa efektifitas metode forward chaining dan backward chaining pada sistem pakar,” J. Pilar Nusa Mandiri, vol. 13, no. 1, pp. 35–42, 2017.

Z. Hakim, L. Sujai, N. N. Wardah, E. N. Susanti, and R. Rizky, “Implementasi Algoritma Forward Chaining Untuk Sistem Pakar Diagnosis Hama Tanaman Kacang Kedelai Pada Dinas Pertanian Pandeglang Provinsi Banten,” 2020.

K. Aeni, “Penerapan Metode Forward Chaining Pada Sistem Pakar Untuk Diagnosa Hama dan Penyakit Padi,” INTENSIF J. Ilm. Penelit. dan Penerapan Teknol. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 79–86, 2018.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v23i1.3404


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.