PENERAPAN METODE WEIGHT PRODUCT (WP) PADA PEMILIHAN KAFE BAGI MAHASISWA PENDATANG DI KOTA METRO

Untoro Apsiswanto, Chaisar Adi Pamungkas

Abstract


Bisnis kuliner Indonesia berkembang sangat pesat, salah satunya kafe. Banyak mahasiswa dari luar daerah datang ke Kota Metro untuk menempuh pendidikan, hal ini membuat bidang usaha kuliner seperti kafe dijadikan sebagai salah satu tempat untuk menghilangkan kebosanan semasa belajar atau sekadar mengobrol dengan sesama mahasiswa. Banyaknya jumlah kafe yang tersedia saat ini menyebabkan permasalahan tersendiri bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota metro yaitu dalam menentukan rekomendasi kafe mana yang paling nyaman. Pada penelitian ini, dilakukan wawancara Online kepada 20 responden, hasilnya disusun dan diolah mengggunakan metode Weight Product(WP). Untuk menentukan kafe terbaik di Kota Metro, metode ini digunakan untuk memberikan rekomendasi yang tepat. Diharapkan dengan adanya rekomendasi kafe ini dapat memenuhi keinginan para mahasiswa, dengan mempertimbangkan jenis kafe, lokasi kafe dan kisaran harga yang diberikan. Hasil akhir pada pencarian rekomendasi kafe di Kota Metro adalah Planet Cafe dengan nilai V tertinggi sebesar 0,110. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis tersebut, fasilitas yang ditawarkan kafe dan kisaran harga yang ditawarkan café tersebut merupakan daya tarik yang paling utama bagi pengunjung. Tidak hanya itu, pada penerapan metode WP ini mampu menghasilkan rekomendasi kafe terbaik yang dapat digunakan sebagai pilihan awal bagi mahasiswa baru di Kota Metro.

Keywords


Bisnis kuliner; kafe; sistem penunjang keputusan; WP

Full Text:

PDF

References


D. Gumulya and I. S. Helmi, “Kajian budaya minum kopi indonesia,” J. Dimens. Seni Rupa dan Desain, vol. 13, no. 2, pp. 153–172, 2017.

D. Novianti, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Sistem Pendukung Keputusan Berbasis Web Untuk Pemilihan Café Menggunakan Metode Smart (Simple Multi-Attribute Rating Technique)(Studi Kasus: Kota Samarinda),” in Prosiding Seminar Sains dan Teknologi FMIPA Unmul, 2016, vol. 1, no. 3, pp. 461–465.

W. Priatna, “Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Lokasi Dalam Perluasan Usaha Kafe menggunakan Analytical Hierarchy Process,” J. RESTI (Rekayasa Sist. Dan Teknol. Informasi), vol. 3, no. 3, pp. 511–517, 2019.

M. N. H. Alvianto and S. Saifullah, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Cafe di Yogyakarta dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW),” J. Innov. Inf. Technol. Appl., vol. 2, no. 1, pp. 47–55, 2020.

D. N. Utama, Sistem Penunjang Keputusan: Filosofi Teori dan Implementasi. Garudhawaca, 2017.

S. Susliansyah, R. R. Aria, and S. Susilowati, “Sistem Pemilihan Laptop Terbaik Dengan Menggunakan Metode Weighted Product (Wp),” Techno Nusa Mandiri J. Comput. Inf. Technol., vol. 16, no. 1, pp. 15–20, 2019.

H. R. Hatta, M. Rizaldi, and D. M. Khairina, “Penerapan Metode Weighted Product Untuk Pemilihan Lokasi Lahan Baru Pemakaman Muslim Dengan Visualisasi Google Maps,” J. Nas. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 3, pp. 85–94, 2016.

W. Widiatry, N. N. K. Sari, and A. Ananingtyas, “Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Siswa Berprestasi Menggunakan Metode Weighted Product (Studi Kasus: Sma Muhammadiyah Kecamatan Katingan Tengah),” J. Teknol. Inf. J. Keilmuan dan Apl. Bid. Tek. Inform., vol. 12, no. 2, pp. 80–86, 2018.

I. Hariyanti and W. Wiguna, “Perbandingan Metode Weighted Product dengan Simple Additive Weighting untuk Evaluasi Kinerja Kasir,” J. Responsif Ris. Sains dan Inform., vol. 1, no. 1, pp. 33–45, 2019.

A. Adam, A. Fuad, H. K. Siradjuddin, and S. N. Kapita, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN DOSEN BERPRESTASI DI UNIVERSITAS KHAIRUN TERNATE MENGGUNAKAN METODE MULTI-ATTRIBUTE UTILITY THEORY,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 3, pp. 166–172, 2020.

Y. Zai, M. Mesran, and E. Buulolo, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Buah Rambutan Dengan Kualitas Terbaik Menggunakan Metode Weighted Product (Wp),” J. MEDIA Inform. BUDIDARMA, vol. 1, no. 1, 2017.

S. Muharni, S. Andriyanto, and D. Naista, “IMPLEMENTASI DEMPSTER SHAFER UNTUK MENDIAGNOSA GANGGUAN KEHAMILAN PADA IBU,” J. Inform., vol. 21, no. 2, pp. 146–160, 2021.

A. Yusnita and R. Handini, “Sistem Pendukung Keputusan Menentukkan Lokasi Umah Makan Yang Strategis Menggunakan Metode Naive Bayes,” Semantik, vol. 2, no. 1, 2012.

S. Solikhun, “Perbandingan metode weighted product dan weighted sum model dalam pemilihan perguruan swasta terbaik jurusan komputer,” Klik-Kumpulan J. Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 70–87, 2017.

E. Suryeni, Y. H. Agustin, and Y. Nurfitria, “Sistem pendukung keputusan kelayakan penerimaan bantuan beras miskin dengan metode weighted product di kelurahan karikil kecamatan mangkubumi kota tasikmalaya,” 2015.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v22i2.3368


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.