RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI MATA KULIAH TUGAS KHUSUS MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPING

Muhammad Reyhan Firnas Adani, Adnan Zulkarnain, Yekti Asmoro Kanthi

Abstract


Tugas Khusus merupakan mata kuliah yang bersifat mandiri yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa berupa hard skill maupun soft skill berdasarkan aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh pihak kampus STIKI Malang. Pada mata kuliah ini, mahasiswa diharuskan mengumpulkan sejumlah poin yang didapatkan dari mengikuti berbagai kegiatan ilmiah yang diselenggarakan oleh pihak kampus maupun di luar kampus. Kemudian poin-poin yang telah didapatkan akan dijumlahkan dan akan dicocokkan dengan tabel kriteria penilaian sehingga hasil dari pencocokan tersebut akan menghasilkan nilai untuk mata kuliah Tugas Khusus. Akan tetapi, proses pencatatan poin tugas khusus dilakukan secara manual menggunakan formulir kertas sehingga mudah rusak atau hilang, selain itu proses validasi nilai juga dilakukan secara manual oleh sekretaris program studi sehingga proses yang terjadi berlangsung lama. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode prototyping di mana langkah-langkah dalam prototyping adalah pengumpulan kebutuhan, proses desain yang cepat, membangun prototipe, evaluasi dan perbaikan. Langkah-langkah tersebut akan diulang secara terus menerus hingga sistem selesai dibuat. Dalam pengujian sistem, peneliti menggunakan metode black box testing di mana sistem ini akan diuji secara fungsionalitasnya apakah telah sesuai dengan yang diharapkan atau tidak. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan semua fitur dinyatakan sesuai dengan tingkat kesesuaian adalah 100%. Sehingga peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa dengan adanya sistem informasi ini dapat memudahkan proses pengajuan validasi kegiatan dan tugas khusus, memudahkan proses pencatatan kegiatan ilmiah, memudahkan proses publikasi kegiatan ilmiah, dan memudahkan melakukan manajemen data aturan tugas khusus.


Keywords


sistem informasi; manajemen; mata kuliah; tugas khusus; metode prototyping

Full Text:

PDF

References


A. Y. Mulyani, “Pengembangan Critical Thinking Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia,” DIAJAR J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 1, no. 1, pp. 100–105, 2022.

Siti Nur Arifa, “Hari Pendidikan Internasional, Bagaimana Tingkat Pendidikan di Indonesia Saat ini?,” 2022. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2022/01/24/hari-pendidikan-internasional-bagaimana-tingkat-pendidikan-di-indonesia-saat-ini (accessed Apr. 04, 2022).

BPS, “Pengangguran Terbuka Menurut Pendidikan Tertinggi yang Ditamatkan (Orang), 2020-2021,” 2021. https://www.bps.go.id/indicator/6/674/1/-pengangguran-terbuka-menurut-pendidikan-tertinggi-yang-ditamatkan.html (accessed Apr. 04, 2022).

A. Arizal, A. N. Puteri, F. Zakiyabarsi, and D. F. Priambodo, “Metode Prototype pada Sistem Informasi Manajemen Tugas Akhir Mahasiswa Berbasis Website,” J. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 10, no. 1, 2022.

A. Rohmadi and V. Yasin, “Desain dan penerapan website tata kelola percetakan pada CV Apicdesign Kreasindo Jakarta dengan metode prototyping,” J. Inf. Syst. Informatics Comput., vol. 4, no. 1, pp. 70–85, 2020.

D. Purnomo, “Model prototyping pada pengembangan sistem informasi,” JIMP-Jurnal Inform. Merdeka Pasuruan, vol. 2, no. 2, 2017.

D. S. Purnia, R. Ratningsih, M. Surahman, and W. Agustin, “Implementasi Metode Prototyping Pada Rancang Marketplace Rumah Kost Berbasis Mobile,” EVOLUSI J. Sains dan Manaj., vol. 9, no. 1, 2021.

D. Darmansah and R. Raswini, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Data Pedagang Menggunakan Metode Prototype pada Pasar Wage,” J-SAKTI (Jurnal Sains Komput. dan Inform., vol. 6, no. 1, pp. 340–350, 2022.

N. N. Rofiq, “PERANCANGAN SISTEM INFORMASI REKAM MEDIS RAWAT JALAN PADA RUMAH SAKIT MAYAPADA TANGERANG MENGGUNAKAN METODE PROTOTYPE BERBASIS WEB,” OKTAL J. Ilmu Komput. dan Sains, vol. 1, no. 04, pp. 373–379, 2022.

S. Suwarno and M. Caintan, “Perancangan dan Pengembangan Aplikasi Pendukung Proses Manufaktur dalam Penyusunan Palet Menggunakan Metodologi Prototyping,” Comput. Based Inf. Syst. J., vol. 10, no. 1, pp. 1–4, 2022.

A. Voutama, “Sistem Antrian Cucian Mobil Berbasis Website Menggunakan Konsep CRM dan Penerapan UML,” Komputika J. Sist. Komput., vol. 11, no. 1, pp. 102–111, 2022.

P. B. A. A. Putra, W. Widiarty, V. H. Pranatawijaya, and N. N. K. Sari, “Implementasi Aplikasi Android Untuk Sistem Pendaftaran Dan Antrian Pada Poli Covid RSUD Doris Sylvanus,” J. Teknol. Inf. J. Keilmuan dan Apl. Bid. Tek. Inform., vol. 16, no. 1, pp. 81–91, 2022.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v22i1.3173


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.