SMART TROLLEY PADA FITRINOPANE SWALAYAN DENGAN MENERAPKAN METODE BRUTE FORCE BERBASIS MOBILE
Abstract
ABSTRAK
Aktivitas operasi suatu supermarket meliputi seluruh transaksi yang dimana salah satunya adalah pembayaran belanjaan. Dengan jumlah kasir yang terbatas, tentu saja menimbulkan permasalahan seperti penumpukan antrean dikasir. Pada sisi konsumen, seringkali konsumen tidak memperhatikan total harga dari belanjaan yang telah diambil. Sehingga, menimbulkan permaslahan ketidaksesuain budget dengan total akumulasi dari barang yang diambil. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode pengembangan prototype serta algoritma brute force. Algoritma brute force berfungsi sebagai mencari kecocokan antara pola dan teks satu per satu dari kiri ke kanan. Algoritma bekerja dengan cara penggeseran pada saat tidak ditemukan ketidakcocokan, sampai pola berada diujung teks. Penelitian ini menghasilkan aplikasi mobile untuk memudahkan konsumen dalam mengetahui akumulasi harga barang secara langsung dengan menggunakan scan barcode pada barang dan mencari barang yang diinginkan dengan menggunakan fitur pencarian berdasarkan deskripsi produk dan kategori produk. Sehingga, konsumen dapat mengontrol anggaran belanja sesuai dengan budget yang dimiliki tanpa perlu khawatir pada saat transaksi dikasir.
Kata kunci : Mobile, Scan Barcode, Prototype
Full Text:
PDFReferences
Yuliatmojo, P., & Diamah, A. (2019). PROTOTYPE KERANJANG BELANJA PINTAR BERBASIS ARDUINO UNO. JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE), 2(2), 41-47.
Santoso, B. W., Sundawa, F., & Azhari, M. (2016). Implementasi Algoritma Brute Force Sebagai Mesin Pencari (Search Engine) Berbasis Web Pada Database. Jurnal Sisfotek Global, 6(1), 2088-1762.
Christavian, Y. (2017). TA: Rancang Bangun Aplikasi Smart Trolley dengan Teknologi Barcode pada Supermarket (Doctoral dissertation, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya).
Widya, H., Syafrawali, S., & Salsabila, R. (2019). Aplikasi Barcode Scanner Food Halal Pada Produk Makanan Impor Berbasis Android. JET (Journal of Electrical Technology), 4(1), 14-17.
Pressman, R.S. 2015. Rekayasa Perangkat Lunak: Pendekatan Praktisi Buku I. Yogyakarta: Andi.
Santoso, B. W., Sundawa, F., & Azhari, M. (2016). Implementasi Algoritma Brute Force Sebagai Mesin Pencari (Search Engine) Berbasis Web Pada Database. Jurnal Sisfotek Global, 6(1), 2088-1762.
Sari, Y. P., & Ari, A. (2021). PENERAPAN ALGORITMA BOYER MOORE PADA BARCODE SCANNER DAN PENENTUAN TOTAL TRANSAKSI BELANJA (STUDI KASUS: FITRINOFANE SWALAYAN). Jurnal Inovasi Penelitian, 2(6), 1755-1760.
Sari, Y. P. (2019, November). Game Edukasi Kesenian Lampung Berbasis Android. In Prosiding Seminar Nasional Darmajaya (Vol. 1, pp. 135-140).
Yuliatmojo, P., & Diamah, A. (2019). PROTOTYPE KERANJANG BELANJA PINTAR BERBASIS ARDUINO UNO. JURNAL PENDIDIKAN VOKASIONAL TEKNIK ELEKTRONIKA (JVoTE), 2(2), 41-47.
Ramawan, A., & Sari, Y. P. (2020, December). Designing Website-Based Mobile Application Using Quick Sort And Insert Sort Methods In Assipa Drug Store, Karang Anyar, South Lampung. In International Conference on Information Technology and Business (ICITB) (pp. 82-88).
DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v21i2.3080
Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:
JURNAL INFORMATIKA
Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id
Email: lp4mjurin@gmail.com
Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.