PENERAPAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA PADA DESAIN VENDING MACHINE ANGKRINGAN
Abstract
Angkringan adalah salah satu kuliner yang berasal dari wilayah Klaten, Surakarta dan Yogyakarta saat ini telah berkembang ke berbagai daerah di Indonesia. Menu khas yang dijual diangkringan adalah nasi kucing dan wedang jahe Lokasi berjualan angkringan biasanya berada di trotoar jalan perkotaan, perkampungan dan tempat wisata dengan menggunakan gerobak tradisional. Pangsa pasar angkringan dapat ditingkatkan dengan menggunakan cara yang lebih modern yaitu dengan vending machine. Desain vending machine angkringan akan menggunakan metode finite state automata untuk memperdalam pengetahuan model komputasi yang paling mendasar. Penelitian ini telah menyajikan penerapan konsep finite state automata pada desain vending machine angkringan yang dapat menghasilkan 15 produk makanan dan minuman khas angkringan dengan pilihan metode pembayaran berupa uang tunai dan uang elektronik. Produk angkringan yang dijual menggunakan vending machine angkringan ini bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar dengan keunggulan berupa otomatisasi, praktis dengan tingkat kebersihan yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
H. Dewantara, “MEKANISME BERTAHAN PEDAGANG ANGKRINGAN DI ERA DISRUPSI,” vol. 3, no. 1, 2019.
I. W. Redi Aryanta, “Manfaat Jahe Untuk Kesehatan,” Widya Kesehat., vol. 1, no. 2, pp. 39–43, 2019, doi: 10.32795/widyakesehatan.v1i2.463.
M. Handayani, SB & Taufik, “Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan ( Studi Kasus Pada Warga Kos di Kota Semarang ),” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 24, no. 43, p. 9, 2017.
A. K. Kumar, “Design of Vending Machine Using Verilog Hdl,” vol. 5, no. 7, pp. 1346–1350, 2018.
M. M. Sulaiman, R. Andrianto, and M. A. Yulianto, “Mobile Learning Application for Language and Automata Theory using Android-based,” J. Online Inform., vol. 5, no. 2, p. 176, 2020, doi: 10.15575/join.v5i2.630.
R. A. Nugraha, A. Mulyani, and W. Gata, “Desain Vending Machine Rujak Buah Dengan Finite State Automata,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 5, no. September, pp. 198–207, 2020.
M. Tappler, B. K. Aichernig, and R. Bloem, “Model-Based Testing IoT Communication via Active Automata Learning,” Proc. - 10th IEEE Int. Conf. Softw. Testing, Verif. Validation, ICST 2017, pp. 276–287, 2017, doi: 10.1109/ICST.2017.32.
B. Richardson, K. Hendy, V. Andiyani, and W. Philips, “Penerapan Konsep Non-Deterministic Finite Automata (NFA) pada Aplikasi Simulasi Mesin Kopi Vending,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.32493/informatika.v4i1.2062.
D. Sujana1 and W. S. , Qiswah Mardzotillah2 , Adim Nuraidin3 , Muhammad Abdul Rosip4, “Komparasi Analisa Sistem Simulasi Vending Machine Autimatic Cash Money Dan E-Money Di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang,” Jutis, vol. 7, no. 1, p. 11, 2021.
N. D. Wirasbawa, L. Benedict, B. G. Santoso, M. F. Farhan, and A. Kusnadi, “Penerapan Konsep Non-Deterministic Finite Automata Untuk Pembuatan Sereal Menggunakan Mesin Jual Otomatis Dengan Dua Sistem Pembayaran,” Simp. Nas. Ilm., no. November, pp. 440–448, 2021, doi: 10.30998/simponi.v0i0.375.
DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v21i2.3063
Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:
JURNAL INFORMATIKA
Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)
Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id
Email: lp4mjurin@gmail.com
Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.