PENERAPAN KONSEP FINITE STATE AUTOMATA PADA DESAIN VENDING MACHINE ANGKRINGAN

Dedik Erwanto, Windu Gata, Laela Kurniawati, Frieyadie Frieyadie, Achmad Bayhaqy

Abstract


Angkringan adalah salah satu kuliner yang berasal dari wilayah Klaten, Surakarta dan Yogyakarta  saat ini telah berkembang  ke berbagai daerah di Indonesia.  Menu khas yang dijual diangkringan adalah nasi kucing dan wedang jahe Lokasi berjualan angkringan biasanya berada di trotoar jalan perkotaan, perkampungan dan tempat wisata dengan menggunakan gerobak tradisional.  Pangsa pasar angkringan dapat ditingkatkan dengan menggunakan cara yang lebih modern yaitu dengan vending machine.  Desain vending machine angkringan akan menggunakan metode finite state automata untuk memperdalam pengetahuan model komputasi yang paling mendasar. Penelitian ini telah menyajikan penerapan konsep finite state automata pada  desain vending machine angkringan yang dapat  menghasilkan 15 produk makanan dan minuman khas angkringan dengan pilihan metode pembayaran berupa uang tunai dan uang elektronik. Produk angkringan yang dijual menggunakan vending machine angkringan ini  bertujuan untuk meningkatkan pangsa pasar  dengan keunggulan  berupa otomatisasi, praktis dengan tingkat kebersihan yang lebih baik.


Keywords


FSA; angkringan; vending machine

Full Text:

PDF

References


H. Dewantara, “MEKANISME BERTAHAN PEDAGANG ANGKRINGAN DI ERA DISRUPSI,” vol. 3, no. 1, 2019.

I. W. Redi Aryanta, “Manfaat Jahe Untuk Kesehatan,” Widya Kesehat., vol. 1, no. 2, pp. 39–43, 2019, doi: 10.32795/widyakesehatan.v1i2.463.

M. Handayani, SB & Taufik, “Analisa Keputusan Konsumen Warung Angkringan ( Studi Kasus Pada Warga Kos di Kota Semarang ),” J. Ekon. Manaj. dan Akunt., vol. 24, no. 43, p. 9, 2017.

A. K. Kumar, “Design of Vending Machine Using Verilog Hdl,” vol. 5, no. 7, pp. 1346–1350, 2018.

M. M. Sulaiman, R. Andrianto, and M. A. Yulianto, “Mobile Learning Application for Language and Automata Theory using Android-based,” J. Online Inform., vol. 5, no. 2, p. 176, 2020, doi: 10.15575/join.v5i2.630.

R. A. Nugraha, A. Mulyani, and W. Gata, “Desain Vending Machine Rujak Buah Dengan Finite State Automata,” IJCIT (Indonesian J. Comput. Inf. Technol., vol. 5, no. September, pp. 198–207, 2020.

M. Tappler, B. K. Aichernig, and R. Bloem, “Model-Based Testing IoT Communication via Active Automata Learning,” Proc. - 10th IEEE Int. Conf. Softw. Testing, Verif. Validation, ICST 2017, pp. 276–287, 2017, doi: 10.1109/ICST.2017.32.

B. Richardson, K. Hendy, V. Andiyani, and W. Philips, “Penerapan Konsep Non-Deterministic Finite Automata (NFA) pada Aplikasi Simulasi Mesin Kopi Vending,” J. Inform. Univ. Pamulang, vol. 4, no. 1, p. 1, 2019, doi: 10.32493/informatika.v4i1.2062.

D. Sujana1 and W. S. , Qiswah Mardzotillah2 , Adim Nuraidin3 , Muhammad Abdul Rosip4, “Komparasi Analisa Sistem Simulasi Vending Machine Autimatic Cash Money Dan E-Money Di Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang,” Jutis, vol. 7, no. 1, p. 11, 2021.

N. D. Wirasbawa, L. Benedict, B. G. Santoso, M. F. Farhan, and A. Kusnadi, “Penerapan Konsep Non-Deterministic Finite Automata Untuk Pembuatan Sereal Menggunakan Mesin Jual Otomatis Dengan Dua Sistem Pembayaran,” Simp. Nas. Ilm., no. November, pp. 440–448, 2021, doi: 10.30998/simponi.v0i0.375.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v21i2.3063


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com

 

 

Flag Counter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseMy Stats jurnal