RANCANGAN SISTEM PENJUALAN BERBASIS WEB DENGAN METODE WATERFALL PADA CV. KARSAL CIPTA MANDIRI BOGOR

Holilah Romlah, Dini Setyorini, Rosmita Rosmita, Elpa Hermawan

Abstract


Pada masa sekarag website berkembang sangat pesat dalam beberapa tahun terakhir. Perkembangan ini dapat kita temukan dari banyaknya masyarakat umum hingga perusahaan dari berbagai sektor menggunakan dan bergantung pada website yang sangat mendukung aktivitas perusahaan di berbagai bidang salah satunya adalah penjualan. Penjualan adalah unsur dari dari sistem informasi yang sangat berperan dalam operasional perusahaan. CV. Karsal Cipta Mandiri merupakan perusahaan lokal yang bergerak dibidang penjualan alat tulis kantor. CV. Karsal Cipta Mandiri sudah memiliki pemasaran yang sangat luas, namun dalam proses penjualan CV. Karsal Cipta Mandiri masih menggunakan pemasaran yang masih manual, yaitu customer harus datang ke toko terlebih dahulu, melihat-lihat design barang kemudian proses pemesanan yang ditulis dengan buku. Hal tersebut sering menimbulkan kehilangan data dan kesalahan pencatatan. Oleh sebab itu perlu dibuat sistem yang dapat mengatasi berbasis komputer untuk mengatasi masalah dalam penjualan sampai dengan laporan penjualan selesai. Penjualan berbasis web juga berguna sebagai media promosi penjualan produk, yang dapat memudahkan dalam proses transaksi penjualan. Metode yang digunakan yaitu pengumpulan data dengan pengamatan dan wawancara bagian terkait dan menggunakan metode waterfall untuk pengembangan software. Dengan memiliki web penjualan, penjualan dapat dilakukan lebih profesional dan terpercaya. Dalam mengelola bisnis perlu dilihat juga data akan lebih terjamin secara komputerisasi dari pada menjual secara konvensional.

Full Text:

PDF

References


Nurudin, M., Jayanti, W., Saputro, R. D., Saputra, M. P., & Yulianti, Y., 2019, Pengujian Black Box pada Aplikasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Teknik Boundary Value Analysis, Jurnal Informatika Universitas Pamulang, vol 4, hal 143.

Sasangka, I., & Rusmayadi, R., 2018, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan, Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, vol 2.

Ardyanto, E., Prasetyo, C. P., & Safa, M., 2019, Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Alat Tulis Kantor ( ATK ) Berbasis Desktop Pada Badan Usaha Milik Desa Bersama ( BUMDESMA ) Kandangan Mandiri, Jurnal TECNOSCIENZA, Vol 4(1), hal 113–122.

Zaliluddin, D., & Rohmat, R., 2018, Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus Pada Newbiestore), Infotech Journal, vol 4(1), hal 236615.

Dwanoko, Y. S., 2016, Implementasi Software Development Life Cycle ( Sdlc ) Dalam Penerapan Pembangunan Aplikasi Perangkat, Jurnal Teknologi Informasi, vol 7, hal 83–94.

Mariana, A. R., Husnia, S., Stmik, D., Sarana, B., Stmik, M., & Sarana, B., 2017, Rancangan Sistem Informasi Petty Cash Bimbingan Belajar dan Kursus, vol 7(1).

Ningrum, T. H., Umar, M. K. G., & Subhan., 2020, Sistem Informasi Penerimaan Berkas Badan Usaha Jasa Konstruksi pada Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Maluku Utara, Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, vol 3 hal 43–51.

Masripah, S., Nurhidayati, Syamsiah, N. O., & Haryani., 2019, Analisa Perancangan Sistem Informasi Akuntansi, Graha Ilmu, Jakarta

Januarisman, E., & Ghufron, A., 2016, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, vol 3, hal 166.

Sasmito, G. W., 2017, Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal, Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, vol 2, hal 6–12.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v21i2.3056


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com

 

 

Flag Counter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International LicenseMy Stats jurnal