ANALISIS KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP LAYANAN KEUANGAN UNIVERSITAS

Dewi Suranti, Yupianti Yupianti, Herlina Latipa Sari

Abstract


Dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada mahasiswa perguruan tinggi secara terus menerus berupaya meningkatkan pelayanan guna memenuhi kepuasan mahasiswa. Universitas berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang baik kepada mahasiswa. Hal ini dilakukan untuk memenuhi harapan mahasiswa terkait pelayanan yang menjadi hak mahasiswa. Dengan cara ini, pihak Universitas berharap mendapatkan hal-hal yang perlu dievaluasi sesuai dengan tolak ukur yang telah ditetapkan oleh pihak universitas. Pentingnya melihat penilaian mahasiswa merupakan salah satu faktor utama bagi perguruan tinggi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan metode Pieces untuk mengukur baik buruknya nilai variabel yang diterapkan dalam kualitas pelayanan dengan variabel (Performance, Information, Economics, Control and Security, Efficiency dan Service). Tujuannya untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan yang diberikan oleh Univeritas di bidang keuangan. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa metode PIECES sangat efektif karena menganalisa sistem pervariabel sehingga layanan dapat dievaluasi lebih detail. Berdasarkan hasil rekapitulasi penilaian terlihat keseluruhan variabel memperoleh nilai akhir>3,8, ini menunjukan seluruh variabel PIECES mendapat kategori penilaian puas, sehingga bisa dikatakan loyalitas layanan berperan dengan baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan. Dengan adanya analisis ini diharapkan dapat memberikan gambaran pada universitas dalam melihat nilai setiap bidang layanan dalam memberikan pelayanan berdasarkan indikator performance, indikator information, indikator economis, indikator control, indikator efficiency dan indikator services.


Keywords


Analisis Kepuasan, Layanan, Pieces

Full Text:

PDF

References


Sutariah, F. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan ABC DiCikarang. Jurnal String Vol.2 No.1 Agustsus 2017 p-ISSN : 2527-9661 e-ISSN : 2549-2837 , 38-47

Sutartiah, F. (2017). Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan Lembaga Pendidikan Tinggi ABC di Cikarang. Jurnal Formatif 7 1 , 56-65.

Cristella, E., & Sibaroni, Y. (2018). Analisis Sentimen Tentang Kasus Layanan Akademik di Perguruan (Kasus : Telkom University). e-Proceeding of Engineering : Vol.5, No.3 Desember 2018 ISSN : 2355-9365, (pp. 7586-7596).

Bhakti, Y. B. (2017). Indeks Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Program Studi Pendidikan Matematika. Jurnal Formatif Vol. 7 No. 3 , Hal: 272-285.

Alifuddin, M. (2012). Reformasi Pendidikan : Strategi Inovatif Peningkatan Mutu Pendidikan. Jakarta: Magna Script.

Yupianti, Sari, V. N., & Suranti, D. (2021). Implementasi Metode Bayes Dalam Evaluasi Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Universitas. Journal Science and Information Technology ( Sintech Journal) Vol. 4 No 1 – April 2021 ISSN 2598-7305, E-ISSN 2598-9642 , 12-21.

Oktafianto. (2016). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Menggunakan Metode Algoritma C 4.5 (Studi Kasus : STMIK Pringsewu). Jurnal TIM Darmajaya Vol. 02 No. 01 Mei 2016 , Hal 1-11.

Sunardi, Fadlil, A., & Suprianto. (2018). Analisis Sentimen Menggunakan Metode Naive Bayes Classifier Pada Angket Mahasiswa. SAINTEKBU : Jurnal Sains dan Teknologi Volume 10 No. 02 Juni 2018 ISSN Print : 1979-7141 ISSN Online : 2541-1942 , Hal 1-9.

Indrawati, I., Belluano, P. L., & Harlinda. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Perpustakaan Menggunakan Pieces Framework. ILKOM Jurnal Ilmiah Volume 11 Nomor 2 Agustus 2019 , 118-128.

Sahrul, Hidayatullah, S. A., & Hadisaputro, E. L. (2019). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Kualitas Layanan Aplikasi Gojek Dengan Metode PIECES Framework. Jurnal Sistem Informasi Volume 2 Nomor 2 Oktober 2019 , 47-53.

Asbar, Y., & Saptari, M. A. (2017). Analisa Dalam Mengukur Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode PIECES. Jurnal Visioner & Strategis Volume 6, Nomor 2, September 2017 ISSN : 2338-2864 , 39-47.

Nainggolan, R. D. (2020). Efektivitas Sistem Dapodik untuk Sistem Informasi Pendataan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama DI KabupatenN Indragiri Hilir. Jurnal IndraTech Volume 1, Nomor 1, Mei 2020 , 74-83.




DOI: https://doi.org/10.30873/ji.v21i2.2990


 Jurnal Informatika is abstracting and indexing in the following databases:

 


JURNAL INFORMATIKA

 

Dikelola Oleh: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Diterbitkan Oleh: Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya
Alamat: Jl. Z.A. Pagar Alam No. 93 Gedong Meneng, Bandar Lampung Lampung
Website: jurnal.darmajaya.ac.id

Email: lp4mjurin@gmail.com


View Jurnal Informatika StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Informatika is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.