IMPLEMENTASI ALGORITMA NAIVE BAYES DALAM MENENTUKAN KONSENTRASI SKRIPSI DAN REKOMENDASI BAHASA PEMROGRAMAN

Teddy Pratama, Yulmaini -

Abstract


Algoritma Naive Bayes adalah metode yang dilakukan dalam bentuk klasifikasi data training dan data testing. Data tersebut dihitung dengan cara menghitung peluang dari suatu kelas masing – masing atribut yang ada, dengan menentukan kelas mana yang paling optimal sehingga menghasilkan suatu hipotesa.

Salah satu penerapan naïve bayes adalah pengambilan keputusan dalam menentukan konsentrasi skripsi dan rekomendasi Bahasa pemrograman pada mahasiswa jurusan Teknik Informatika Institut Infortmatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya. Jurusan Teknik Informatika memilliki dua konsentrasi skripsi yaitu Intelegent System dan Multimedia. Selama ini  Mahasiswa jurusan Teknik Informatika dalam memilih  Konsentrasi Skripsi tidak berdasarkan keahlian yang dimiliki oleh mahasiswa dan nilai–nilai mata kuliah sehingga mahasiswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan skripsi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Naïve Bayes yang memiliki 14 Variable Input, dan 2 Konsentrasi Skripsi.Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan suatu sistem menggunakan Algoritma Naive Bayes sebagai alternatif penyelesaian masalah dalam menentukan konsentrasi skripsi dan rekomendasi bahasa pemrograman. Hasil penelitian ini adalah impementasi Algortima naive bayes dalam menentukan konsentrasi skripsi dan rekomendasi bahasa pemrograman. Berdasarkan pengujian 29 data mahasiswa terdapat tingkat akurasi ketepatan data sebesar 96.5517 %.

Keywords


Kosentrasi Skripsi;Rekomendasi Bahasa pemrograman;Naïve Bayes

Full Text:

PDF

References


Yulmaini, “Penggunaan Metode Fuzzy Inference System (Fis) Dalam Pemilihan Peminatan Mahasiswa Untuk Tugas Akhir,” J. Inform., vol. 15, no. 10721, 2011.

R. T. Utomo dan Y. C. Giap, “Sistem Pakar Pemilihan Topik Judul Skripsi Dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web,” vol. 1, 2017.

S. Jambi, D. E.- Clustering, dan E. Rasywir, “Implementasi Sistem Penentuan Skripsi Mahasiswa,” vol. 12, no. 1, hal. 950–963, 2017.

S. Defiyanti, “Penentuan Peminatan Tugas Akhir Mahasiswa Teknik Informatika Unsika,” J. Ilm. Solusi, vol. 2, no. 5, hal. 9–16, 2015.

A. Sofalul Khazari, F. Marisa, dan I. Dharma Wijaya, “Sistem Rekomendasi Penentuan Judul Skripsi Menggunakan Algoritma Decision Tree,” 2016.

E. Prasetyo, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan MATLAB. Yogyakarta: Andi, 2012.

R. E. Putri, Suparti, dan R. Rahmawati, “Perbandingan Metode Klasifikasi Naïve Bayes Dan K-Nearest Neighbor Pada Analisis Data Status Kerja Di Kabupaten Demak Tahun 2012,” J. Gaussian, vol. 3, hal. 831–838, 2014.

Suyanto, Data mining Untuk Klasifikasi dan Klasterisasi Data. Bandung: Informatika Bandung, 2017.

D. Ananto dan Fitria, “Implementasi sistem informasi perangkat lunak nilai akademik siswa,” J. Inform., vol. 17, no. 2, hal. 39–44, 2017.

Arief M Rudianto, Pemrograman Web Dinamis menggunakan PHP dan MySQL. Yogyakarta: Andi, 2011.

Fitria dan Arfida, S. (2015) “IbM UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN APLIKASI KOMPUTER DI BANDAR LAMPUNG,” 1(2).

Fitria dan YP, I. P. A. (2014) “Rancang bangun sistem informasi geografis penyebaran lokasi penyalahgunaan narkobapada provinsi lampung,” Jurnal Informatika Proseding Seminar Bisnis & Teknologi (SEMBITEK) IBI Darmajya, hal. 15–16.

Irianto, S. Y. dan Fitria (2016) “Penerapan Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto Pada Sistem Pendukung Keputusan Untuk,” Jurnal Informatika, 16(1).

Kadir, A. (2009) From Zero To A Pro : Membuat Aplikasi Web Dengan PHP+Database MySQL. Yogyakarta: C.V Andi Offset.

Muhammad, Iqbal Dzulhaq & Rian Imani (2015). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Knsentrasi Jurusan menggunakan Fuzzy Inference Sistem

Mustika dan Fitria (2014) “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemeringkatan Koperasi Pada Dinas Perindustrian, Perdagangan Dan Koperasi Dengan Metode AHP (Analytic Hierarchy Process)(Studi kasus pada Dinas Perindustrian Perdagangan dan koperasi Kota Metro, lampung),” Jurnal Informatika, 11(1), hal. 90–103.

Rosa dan Salahuddin (2011) Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Kadir, A. (2009) From Zero To A Pro : Membuat Aplikasi Web Dengan PHP+Database MySQL. Yogyakarta: C.V Andi Offset.


Comments on this article