Reader Comments

Baju Tenun dari Kain Tenun Ikat Indonesia

"Tenun Ikat Indonesia" (2019-10-23)


Baju tenun muslim menjadi tema yang makin digemari desainer Indonesia. Dengan mengangkat kain nusantara, karya mereka makin kental dengan ciri khas budaya lokal. Cita rasa berbusana dengan mengangkat kain tenun tradisional makin kuat memunculkan keaslian rancang busana Indonesia diantara desainer luar negeri.

Zaskia Sungkar, perancang baju tenun muslim yang pada tahun 2015 sempat mencicipi London Fashion Week misalnya. Pada gelaran Indonesia Fashion Week 2016, istri artis Irwansyah ini menghadirkan 12 outfit karyanya.

Ia pernah mendatangi pengrajin kain tenun Jepara dan batik untuk bahan karya rancangannya. Seperti koleksi Kainratu, Zaskia Sungkar pun mendapat suplai kain tenun berkualitas dari pengrajin tenun berpengalaman untuk mendapatkan tenun ikat yang dapat dipesan seperti toko milik pengrajin yang jual tenun Jepara.

Kia sapaan akrabnya,mengangkat warna dominan hitam dan putih. Persis seperti tema koleksinya, Hitam Poetih. Karyanya pada gelaran ini memadukan batik cap, kain tenun indonesia, dan kain katun yang nyaman dikenakan.

Baju tenun muslim berupa setelan-setelan style semi formal dengan padu padan two piece seperti blus atasan dengan celana panjang.