Reader Comments

Strategi Dan Media Pembalajaran Jarak Jauh

by Asd fd (2020-08-08)

In response to Gadai bpkb Mobil tangerang depok bekasi

Pembelajaran adalah proses membelajarkan yang dilakukan dalam rangka membelajarkan siswa di sekolah. Kegiatan pembelajaran ini pada faktanya, dapat diberlakukan dalam dua mode kelas. Pertama, kelas tatap muka. Kedua, kelas jarak jauh.

Dalam kelas tatap muka, guru dan siswa bertemu secara langsung dalam sebuah ruangan. Wajah bertemu wajah alias face to face. Bahan dan media otomatis mesti juga dihadirkan langsung ke ruangan. Sehingga antara pendidik dan yang dididik dapat membahas, mendiskusikan, dan memberikan pemahaman secara langsung tanpa ada batasan jarak.

Kelebihannya, tentu saja apa yang dipaparkan akan menjadi lebih jelas. Siswa juga lebih leluasa dalam bertanya. Dan yang terpenting, pendidik bisa menjalankan fungsi yang sebenarnya. Bukan hanya melakukan transfer pengetahuan, namun juga memberikan keteladanan.

Bagaimana guru yang baik dan dapat diteladani? Ada kriteria menarik yang di ulas oleh mata pendidikan mengenai guru yang baik versi siswa Sesungguhnya, fungsi guru secara sempurna akan sangat sulit selama pembelajaran tidak dilakukan tatap muka. Akan ada poin-poin yang berpotensi hilang sebagaimana poin keteladanan yang dimaksud.

Namun, keadaan akan berbeda apabila yang dilakukan adalah mode jarak jauh. Sebagaimana yang dipaksa terjadi ketika pandemi covid saat ini berlangsung. Ketika wabah merajalela, mau tak mau untuk menekan penyebarannya, pemerintah Indonesia melalui menteri pendidikan menerapkan larangan belajar tatap muka.

Pada akhirnya, mau tidak mau, yang mesti dilakukan adalah pembelajaran jarak jauh. Tentu saja, ada banyak perbedaan yang terjadi dan menuntut adanya penyesuaian dari para pelaku pendidikan. Baik itu kepala sekolahnya, guru-gurunya, tenaga administrasinya, hingga pegawai-pegawai lain dan termasuk yang paling utama adalah siswanya.

Penyesuaian ini tentu saja dalam berbagai aspek. Diantara aspek yang berpengaruh itu ada dua hal.

Pertama, strategi pembelajaran

Apa itu strategi pembelajaran? Pembahasannya lengkapnya dipaparkan dalam artikel iniSilakan baca untuk menambah referensi anda.

Secara sederhana, strategi adalah perencanaan yang disusun dalam berbagai bentuk tahapan untuk mewujudkan tujuan dari pembelajaran di kelas. Strategi yang dibuat tentu saja berbeda antara tatap muka dengan pembelajaran jarak jauh. Harus disesuaikan.

Misalnya, terkait bagaimana susunan kegiatannya? bagaimana cara penyampaian materinya? Bagaimana metode tanya jawabnya? Semua hal ini harus diatur ulang dan tidak bisa disamakan caranya dengan kegiatan belajar biasa yang ada di dalam ruangan.

Kedua, media pembalajaran

Apa itu media pembalajaran? Jika anda butuh penjelasan lengkap, ada materi yang singkat namun bagus dan terstruktur dalam penjelasan ini. 

Hanya saja, ringkasnya, media pembalajaran adalah alat atau sarana yang digunakan untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. Ini berhubungan juga dengan teknologi-teknologi yang mutakhir.

Sebagaimana diketahui, disetiap zaman, karakter siswa berbeda-beda. Antara zaman dulu dan sekarang tidak bisa dipukul rata. Selain pendekatan dan strategi berbeda yang dibutuhkan, media pembelajaran yang digunakan juga mestilah menyesuaikan.

Toh pada faktanya, sekarang banyak sekali opsi yang dapat dipilih. Apalagi ditengah masuknya dunia ke dalam era digital dan industry 4.0.Hanya saja tentu, disini para guru harus mau belajar dan kreatif serta tanggap dalam merespon berbagai hal yang baru dalam dunia siswa.

Pertanyaannya, sanggupkah? Harus sanggup. Hal ini karena belajar tugas semua, termasuk para guru. Jangan berhenti dan merasa pintar, namun teruslah meningkatkan pengetahuan, wawasan, pemahaman, dan keterampilan dalam berbagai bidang yang berhubungan dengan pekerjaan.