PENGARUH KEPRIBADIAN PROAKTIF PADA KREATIVITAS KARYAWAN DENGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN AUTONOMI KERJA SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

Mona Satria Mustika

Abstract


 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepribadian proaktif terhadap kreativitas karyawan serta menguji efek pemoderasi kepemimpinan transformasional dan autonomi kerja. Sebanyak 212 kuesioner disebarkan kepada mahasiswa kelas eksekutif Magister Manajemen Universitas Gadjah Mada (MM UGM) di kampus Yogyakarta dan Jakarta. Kuesioner yang kembali sebanyak 181, namun hanya 140 kuesioner yang dapat diolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepribadian proaktif berpengaruh positif pada kreativitas karyawan. Kepemimpinan transformasional tidak signifikan memoderasi pengaruh positif  kepribadian proaktif pada kreativitas. Selanjutnya, autonomi kerja memperkuat pengaruh positif kepribadian proaktif pada kreativitas karyawan. Implikasi untuk teori dan praktek manajemen juga dibahas dalam penelitian ini.

 

Kata kunci : Kepribadian proaktif, kreativitas karyawan, kepemimpinan transformasional, autonomi kerja, moderated regression analysis.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments


Abstracted/Indexed by:

 Tools Citations:

   

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.My Stats jurnal