FASILITAS PARIWISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG OBJEK WISATA DI PULAU PAHAWANG KABUPATEN PESAWARAN

Prengki Wibowo, Husna Purnama, Maria Elina, Hesti Widi Astuti, Adhisyahfitri Evalina Ikhsan

Abstract


Permasalahan dalam penelitian ini fasilitas utama dan Fasilitas pendukung bagi wisatawan ke Pulau Pahawang sangat minim berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung objek wisata pulau Pahawang.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Fasilitas Pariwisata terhadap Kepuasan Pengunjung objek Wisata di Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan quisioner. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 29 Pengunjung Objek wisata Pulau Pahawang.

Hasil pengujian hipotesis pengaruh fasilitas pariwisata terhadap kepuasan pengunjung objek wisata dapat ditunjukkan dengan nilai R square = 0,651 atau sebesar 65,1% sedangkan sisanya sebesar 34,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. nilai t hitung sebesar 7.097 dan t tabel pada n = 29 dan α=0,05 diperoleh t tabel = 1,699 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00, dengan demikian t hitung > t tabel atau 7097 > 1,699 dan tingkat signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 maka   Ha diterima. Hal ini berarti fasilitas pariwisata memiliki kontribusi dan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengunjung objek wisata di Pulau Pahawang Kabupaten Pesawaran.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30873/jbd.v9i2.3771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:

 Tools Citations:

 

View JBD StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.