PENGARUH FASILITAS DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN MELALUI KEPERCAYAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS RUMAH SAKIT AIRAN RAYA LAMPUNG SELATAN)

Sunny Wadhwa, Indra Jaya

Abstract


Kebutuhan masyarakat akan layanan medis yang memadai di tengah padatnya rangkaian aktivitas sehari-hari, memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya kesehatan di dalam kehidupan dan telah menggeser kebutuhan perlindungan kesehatan menjadi kebutuhan utama di dalam hidup. Oleh sebab itu, masyarakat dapat menjaga kesehatannya dengan mempercayakan layanan medisnya kepada Rumah Sakit Airan Raya Lampung Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ketersediaan fasilitas kesehatan di Rumah Sakit Airan Raya Lampung Selatan yang didukung oleh layanan berkualitas, mampu memberikan peningkatan kepercayaan dan kepuasan pasien terutama bagi pasien yang sedang memanfaatkan layanan medis di Rumah Sakit Airan Raya Lampung Selatan. Peneliti memilih responden secara acak dengan teknik Simple Random Sampling tanpa memperhatikan kriteria tertentu sebanyak 187 pasien (dibulatkan menjadi 190 pasien). Teknik analisa Structural Equation Modelling (SEM) digunakan dalam penelitian ini dimana diperoleh hasil fasilitas dan kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan, fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan kualitas layanan dan kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.

 

Kata Kunci — Fasilitas, Kualitas Layanan, Kepercayaan, Kepuasan Pelanggan.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30873/jbd.v8i2.3206

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bisnis Darmajaya is abstracting and indexing in the following databases:

 Tools Citations:

 

View JBD StatCounter

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.