DAMPAK KEBUTUHAN SOSIAL DAN PENGARUH SOSIAL PADA PERILAKU PEMBELIAN KONSUMEN TERHADAP PONSEL CERDAS

Antonius Satria Hadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh aspek-aspek sosial yaitu kebutuhan sosial dan pengaruh sosial terhadap ketergantungan dan pengaruh ketergantungan terhadap ponsel cerdas pada niat pembelian ulang. Kebutuhan sosial dan pengaruh sosial adalah aspek sosial sebagai faktor yang memicu ketergantungan. Kebutuhan sosial meliputi keinginan untuk dicintai, berteman dan diterima oleh orang lain. Sedangkan pengaruh sosial adalah cara seseorang untuk memengaruhi keyakinan, perasaan, dan perilaku orang lain. Penelitian ini memiliki tiga hipotesis. Data dikumpulkan dari responden yang diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada mahasiswa Universitas Gadjah Mada. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik pemodelan persamaan struktural dengan bantuan perangkat lunak LISREL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kebutuhan sosial dan pengaruh sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap ketergantungan, sedangkan ketergantungan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian ulang. Semua hipotesis dalam penelitian ini diterima. Masing-masing hipotesis dibahas secara detil dalam artikel ini.

 

Kata Kunci — kebutuhan sosial, pengaruh sosial, ketergantungan, niat pembelian ulang, ponsel cerdas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

 Tools Citations:

   

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.My Stats jurnal