ANALISIS NILAI PELANGGAN PRODUK SAYUR HIDROPONIK DAN ORGANIK DENGAN PENDEKATAN CONJOINT ANALYSIS

Pramatatya Resindra Widya, Aloysius Hari Kristianto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai konsumen melalui preferensi pilihan akan produk sayur organic dan hidroponik. Penelitian ini mengambil tempat di Kabupaten Bengkayang dengan partisipan ibu-ibu dari Persatuan Wanita Kristen Indonesia (PWKI) cabang Bengkayang. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis conjoin yang merupakan alat untuk menganalisis preferensi atau pilihan konsumen akan atribut-atribut produk. Hasil penelitian ini menunjukkan ada 4 atribut penting dalam pertimbangan konsumen memilih produk sayur berdasarkan urutan prioritas yaitu kemasan, jenis sayur, harga, dan merek. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi produsen sayur organic dan hidroponik dalam merumuskan strategi manajemen produknya.

 

Kata Kunci — Perilaku Konsumen, Nilai Konsumen, Preferensi Konsumen, Sayur Hidroponik dan Organik, Analisis Konjoin


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

 Tools Citations:

   

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.My Stats jurnal