PENGUKURAN MINAT BERWIRAUSAHA MENGGUNAKAN SELF EFFICACY, LINGKUNGAN DAN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN PADA MAHASISWA FEB UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH METRO

Suharto Suharto, Ardiansyah Japlani, Karnila Ali

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat berwirausaha pada kalangan mahasiswa di lingkungan universitas dimana mahasiswa lebih memilih untuk menjadi karyawan atau PNS setelah lulus dimana tingkat persaingan yang cukup tinggi sehingga mengakibatkan pengangguran bertambah.

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data, serta mengetahu ipengaruh self efficacy, lingkungan dan pendidikan kewirausahan terhadap minat berwirausaha pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Metro. Popoluasi didalam penelitian ini adalah mahsiswa FEB. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu Accidental Sampling dengan menggunkan rumus proporsi binominal dan didapatkan sampel sebesar 150 orang responden mahasiswa FEB UM Metro.

Pengujian persyaratan instrument yang digunakan meliputi uji validitas dan uji reliabilitas. Uji normalitas liliefors, uji homogenitas, uji linieritas sebagai pengujian persyaratan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dan teknik analisis data yang digunakan adalah SEM (Structural Equation Modeling). Berdasarkan hasil penelitian dengan menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling), diperoleh self efficacy tidak berpengaruh terhadap minat berwirausaha, lingkungan berpengaruh terhadap minat berwirausaha, pendidikan kewirausahaan berpengaruh terhadap minat berwirausaha, self efficacy tidak berpengaruh terhadap pendidikan kewirausahaan, lingkungan berpengaruh terhadap pendidikan kewirausahan, self efficacy berpengaruh terhadap lingkungan.

 

Kata kunci: self efficacy, lingkungan, pendidikan kewirausahan, minat berwirausaha.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

 Tools Citations:

   

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.My Stats jurnal