PENGARUH KEPERCAYAAN (TRUST) MENGGUNAKAN E-COMMERCE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE

Ana Arisqa JL, Viola De Yusa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji seberapa besar pengaruh kemampuan, kebaikan hati dan integritas konsumen terhadapkeputusan pembelian barang secara e-commerce . Selain itu, tujuan lain dari penelitian ini adalah untuk Mengetahui tingkat pengaruh kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan integritas  (integrity) vendor  terhadap kepercayaan (trust)  konsumen  e-commerce dalam pengambilan keputusan pembelian online di Indonesia. Mengetahui tingkat pengaruh kemampuan (ability), kebaikan hati (benevolence), dan integritas  (integrity) konsumen  terhadap kepercayaan (trust) vendor e-commerce dalam pengambilan keputusan pembelian online di Indonesi. Hal ini dikarenakan penelitian tentang e-commerce sedang hangat di jadikan topic penelitian ini di akibatkan oleh derasnya kemajuan teknologi. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah para pengguna e-commerce yang ada di Provinsi Lampung serta seluruh Indonesia, sedangkan sampel dalam penelitian ini, berjumlah 300 orang yaitu 150 orang konsumen dan 150 orang vendorr. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Peubah dalam penelitian ini terdiri dari peubah independen, yaitu: kemampuan (X1), kebaikan hati (X2), iIntegritas (X3), sedangkan peubah dependen, yaitu: keputusan pembelian (Y). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: analisis regresi berganda dummy. Hasil uji validitas dan reabilitas menunjukkan bahwa instrumen atau kuesioner dalam penelitian ini sudah memenuhi syarat kevalidan dan reliabel. Pada tahap selanjutnya, penelitian ini akan dilakukan pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi berganda dummy. Berdasarkan hasil analisis menggunakan regresi berganda dummy terdapat beberapa variable dummy yang tidak significant yaitu variable dummy kehandalan pada data kepercayaan  konsumen terhadap vendor, namun untuk data sebaliknya yaitu data kepercayaan vendor terhadap konsumen ada dua valiabel yang tidak significant atau tidak berpengaruh yaitu institusional dan kehandalan. 

 

 

Kata Kunci                  : Kepercayaan, Konsumen, Vendor, E-commerce


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Abstracted/Indexed by:

 Tools Citations:

   

 

 

Creative Commons License

Jurnal Bisnis Darmajaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.My Stats jurnal